Penyebab timbulnya Jerawat (Gejala dan Penyebabnya) dapat di sebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah menjaga kebersihan wajah. Sebelum kita masuk ke inti dari penyebab timbulnya jerawat (gejala dan penyebabnya). Lebih baik kita mengetahui sedikit informasi tentang apa itu jerawat.

Jerawat (acne vulgaris, acne) adalah kondisi dimana kulit mengalami penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati dan minyak atau gangguan kulit yang terjadi ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Jerawat merupakan permasalahan yang paling umum pada kulit, yang dicirikan dengan hadirnya komedo, kulit kemerahan karena iritasi, nota hitam, atau bintik merah membengkak hingga bernanah. Jerawat biasanya muncul pada wajah, dahi, dada, punggung atas dan bahu. Jerawat paling umum dialami oleh kalangan remaja atau pada masa puber, jerawat menyerang tidak memandang jenis kelamin baik laki-laki maupun perempuan. Walaupun jerawat yang dialami laki-laki biasanya lebih parah dan lebih lama, tidak menutup kemungkinan juga dapat dialami oleh orang dewasa maupun orang-orang dari segala usia.

Gejala Jerawat

Bagian tubuh yang umum ditumbuhi jerewat adalah wajah, hal ini dialami oleh sebagian orang yang berjerawat. Gejala jerawat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan kondisi anda.

Munculnya bintik-bintik, kulit berminyak, bahkan bisa terasa sakit atau panas apabila disentuh. Bintik-bintik jerawat yang muncul terdiri dari enam jenis, yaitu:

  • Papula adalah benjolan kecil yang terasa menyakitkan, ukurannya kecil dengan werna merah dan tekstur lunak.
  • Pustula adalah benjolan kecil yang pada ujungnya terdapat penumpukan nanah.
  • Komedo hitam atau komedo terbuka (Blackheads) adalah bintik berwarna hitam yang biasanya muncul di area sekitar hidung. Warna hitam tersebut bukan berasal dari debu ataupun kotoran, melainkan pigmentasi yang terjadi di dalam lapisan pada folikel rambut.┬áKomedo hitam atau komedo terbuka (Blackheads) muncul secaktu pori-pori yang tersumbat oleh minyak tidak menutup kembali.
  • Komedo putih atau komedo tertutup (Whiteheads) muncul di kulit saat pori-pori yang tersumbat menutup dan menimbulkan benjolan kecil berwarna putih dipermukaan kulit. Biasanya komedo jenis ini belum terinfeksi dan tidak membengkak atau memerah.
  • Nodul adalah benjolan besar yang terbentuk di balik permukaan kulit dengan tekstur keras dan terasa menyakitkan.
  • Kista adalah benjolan besar yang terbentuk dibalik permukaan kulit yang tampak seperti bisul. Umumnya jerawat kista dapat meningkalkan bekas luka permanen diwajah setelah sembuh.

Penyebab Jerawat

jerawat disebabkan oleh penyumbatan sebum dan karatin pada pori-pori (biasanya pada pori-pori rambut di kulit), yang kemudian bakteri berkembang di pori-pori yang tersumbat tersebut. Jika anda memiliki kulit berminyak akan rentan terhadap jerawat, karena minyak berlebih dengan mudah dapat terjebak di pori-pori dan menyebabkan penyumbatan. Pori-pori yang tersembuat secara perlahan membesar, sehingga membentuk benjolan. Sementara itu, bakteri yang terjebak didalamnya bisa jadi menembus lapisan kulit yang lebih dalam, menyebabkan inflamasi (radang) dan infeksi. Hal itulah yang terjadi pada kasus jerawat sedang samapai parah.

Kulit yang berjerawat juga akan menghasilkan lebih banyak sel kulit mati daripada kulit normal. Jika tidak ditangani dengan baik, sel-sel; kulit mati akan menempel pada kulit dan terjebak di pori-pori, terkombinasi dengan minyak dan menyebabkan komedo.

Penyebab Timbulnya Jerawat

Selain hal di atas penyebab timbulnya jerawat dapat disebabkan oleh faktor lain, yaitu sebagai berikut:

Hormon

Hormon androgen adalah jenis hormon yang membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Produksi hormon ini biasanya meningkat ketika kita memasuki usia remaja dan beberapa hari sebelum datang bulan.

Jenis Makanan

Kalau anda termasuk cewek atau cowok yang mudah berjerawat, cobalah untuk menghindari produk susu dan karbohidrat olahan. Susu mengandung hormon yang memicu produksi minyak, sedangkan karbohidrat olahan seperti roti tawar putih, pasta, dan keripik meningkatkan peradangan yang bisa memperparah bintik-bintik.

Produk Kecantikan

Khusunya bagi wanita, apakah anda sudah mencuci kuas makeup tapi masih berjerawat? Nah, sebaiknya anda periksa dulu, apakah kosmetikmu berbahan dasar minyak? Untuk menjaga agar kulit tetap bersih, anda wajib mencuci kuas makeup setiap seminggu sekali. Selain itu, pilih makeup yang bebas minyak dan tidak menyebabkan komedo supaya pori-porimu tidak tersumbat dan jangan lupa untuk rutin membersihkan makeup di wajah sebelum tidur.

Genetika

Jika kita memiliki orang tua, kakak, atau adik yang berjerawat kemungkinan besar dipengaruhi oleh faktor gen.

Terima kesih telah membaca sedikit informasi tentang Penyebab Timbulnya Jerawat (Gejala dan Penyebabnya). Semoga bermanfaat.